Loading...

Senin, 19 Maret 2012

AIR ZAM ZAM


Zamzam, didalam Masjidil Haram, Mekah.

Air Zamzam berasal dari mata air Zamzam yang mengalir tanpa henti hingga sekarang, terletak di bawah tanah, sekitar 20 meter di sebelah tenggara Ka'bah, diamanatkan agar sewaktu minum air Zamzam harus dengan tertib dan membaca niat, setelah minum air Zamzam kita menghadap Ka'bah.
Sejarah air zamzam: Saat Nabi Ibrahim, Siti Hajar dan Ismail tiba di Makkah, mereka berhenti di bawah sebatang pohon yang kering, tidak berapa lama kemudian Nabi Ibrahim AS meninggalkan mereka untuk kembali ke Palestina,
Siti Hajar bertanya: "Apakah ini memang perintah dari Allah ?", Nabi Ibrahim menjawab: "ya", mendengar jawaban suaminya yang singkat itu, Siti Hajar gembira dan hatinya tenteram, Ia percaya hidupnya tentu terjamin walaupun di tempat yang sunyi, tidak ada manusia, Sedangkan waktu itu, Nabi Ismail masih menyusu, di dalam Al-Qur’an surah Ibrahim ayat 37 yang berbunyi: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur”. Beberapa hari kemudian, air yang diberi Nabi Ibrahim habis, Siti Hajar berusaha mencari air di sekeliling sampai mendaki Bukit Safa dan Marwah.

Bukit Safa, Mekah.
tempat tempat Siti Hajar r.a. memulai mencari air untuk anaknya (Nabi Ismail).


Bukit Marwah, Mekah.
Tempat berputar kembali menuju bukit Safa dalam Sa'i dan diulang sampai 7 putaran.
Bukit Marwah merupakan tempat posisi Siti Hajar r.a. di panggil oleh malaikat Jibril untuk diberikan Air Zamzam setelah bolak-balik 7 Putaran.

Siti Hajar berjalan bolak balik berulang kali sambil sesekali berlari2 kecil sehingga ketika sampai di bukit Marwah untuk yg ke 7 kalinya, munculah Malaikat Jibril di dekat Ka'bah lalu memanggil Siti Hajar kemudian menghentakkan tumitnya di tanah lalu memancarlah air di tempat itu, Air itu adalah air Zamzam.
Air Zamzam yang merupakan berkah dari Allah, mempunyai keistimewaan dan keberkatan dengan izin Allah, yang bisa menyembuhkan penyakit, menghilangkan dahaga serta mengenyangkan perut yang lapar. Keistimewaan dan itu disebutkan pada hadits Nabi: dari Ibnu Abbas r.a., Rasulullah bersabda: "sebaik-baik air di muka bumi ialah air Zamzam, Air Zamzam merupakan makanan yang mengenyangkan dan penawar bagi penyakit ".
karna Air Zamzam itu pula kota mekah menjadi ramai dimulai oleh suku Jurhum yg meminta izin untuk memanfaatkan Air Zamzam itu juga.
Pada saat ini sumur Air Zamzam sudah tidak dapat dilihat karna telah dirubah menjadi saluran2 air untuk pendistribusian oleh pemerintah Arab Saudi.

 Kejadian diatas menjadi salah satu rukun dalam ber Umrah yaitu Sa'i.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar